Sistem Pendukung Keputusan
ini menggunakan model pencocokan profil
dan dimaksudkan untuk membantu pengambilan keputusan bagi siswa-siswi SMA
jurusan IPA berprestasi. Dalam penentuannya ada dua aspek yaitu aspek akademik
dan ekonomi keluarga.
1.
Aspek akademik
Aspek ini memiliki 6
faktor yang adalah nilai rapor mata pelajaran yang diperoleh para siswa pada
semester terakhir, yaitu:
- Nilai mata pelajaran Agama dan budi pekerti 7
- Nilai mata pelajaran Matematika 8
- Nilai mata pelajaran Kimia 8
- Nilai mata pelajaran Fisika 8
- Nilai mata pelajaran Biologi 8
- Nilai mata pelajaran Bahasa 7
- Prestasi non-akademik
§ Bidang olahraga 9
§ Bidang kesenian 8
§ Bidang pramuka 8
§ Bidang esktrakulikuler
lainnya 7
2.
Aspek ekonomi keluarga
- Status anak
i.
Yatim
dan Piatu 9
ii.
Yatim
atau Piatu 8
iii.
Keluarga
lengkap 7
- Pekerjaan Ayah
i.
PNS 7
ii.
Pegawai
swasta 7
iii.
Guru 8
iv.
Petani 9
v.
TNI 8
vi.
Pensiunan
atau tidak bekerja 9
- Pekerjaan Ibu
i.
PNS 7
ii.
Pegawai
swasta 7
iii.
Guru 8
iv.
Petani 9
v.
TNI 8
vi.
Pensiunan
atau tidak bekerja 9
- Penghasilan rata2 orang tua sebulan
i.
<
Rp 1.000.000,- 9
ii.
Rp
1.000.000,- s.d. Rp 1.999.000,- 8
iii.
Rp
2.000.000,- s.d. Rp 3.999.000,- 7
iv.
Rp
4.000.000,- s.d. Rp 5.999.000,- 6
v.
>
Rp 6.000.000,- 5
Menghitung
GAP
Sehingga dari kedua
aspek dapat kita hitung GAP untuk masing-masing aspek. GAP yang dimaksudkan di
sini adalah perbedaan antara nilai minimal dengan nilai yang dimiliki para
siswa atau bisa ditunjukkan pada rumus di bawah ini:
GAP = Nilai siswa –
Nilai minimal
Tabel GAP
Aspek Akademik
No.
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
|
1.
|
Vini
|
8
|
9
|
8
|
8
|
7
|
6
|
7
|
|
2.
|
Vidi
|
8
|
9
|
9
|
7
|
8
|
8
|
8
|
|
3.
|
Vici
|
7
|
8
|
9
|
8
|
7
|
5
|
9
|
|
Nilai minimal
|
7
|
8
|
8
|
8
|
8
|
6
|
7
|
GAP
|
|
1.
|
Vini
|
1
|
1
|
0
|
0
|
-1
|
0
|
0
|
|
2.
|
Vidi
|
1
|
1
|
1
|
-1
|
0
|
2
|
1
|
|
3.
|
Vici
|
0
|
0
|
1
|
0
|
-1
|
-1
|
2
|
Tabel GAP
Aspek Akademik
No.
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
1.
|
Vini
|
7
|
8
|
9
|
8
|
|
2.
|
Vidi
|
8
|
7
|
7
|
8
|
|
3.
|
Vici
|
9
|
9
|
9
|
9
|
|
Nilai minimal
|
7
|
7
|
7
|
7
|
GAP
|
|
1.
|
Vini
|
0
|
1
|
2
|
1
|
|
2.
|
Vidi
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
3.
|
Vici
|
0
|
1
|
2
|
1
|
Penghitungan
Bobot
Setelah diperoleh nilai
GAP pada masing-masing siswa maka setiap nilai siswa diberi bobot nilai dengan
patokan tabel bobot nilai gap. Seperti yang terlihat pada tabel berikut:
No.
|
Selisih
|
Bobot Nilai
|
Keterangan
|
1.
|
0
|
3.5
|
Tidak ada sesilih (kompetensi sesuai dengan
yang dibutuhkan)
|
2.
|
1
|
4
|
Kompetensi individu kelebihan 1 tingkat/level
|
3.
|
-1
|
3
|
Kompetensi individu kekurangan 1
tingkat/level
|
4.
|
2
|
4.5
|
Kompetensi individu kelebihan 2 tingkat/level
|
5.
|
-2
|
2.5
|
Kompetensi individu kekurangan 2
tingkat/level
|
6.
|
3
|
5
|
Kompetensi individu kelebihan 3 tingkat/level
|
7.
|
-3
|
2
|
Kompetensi individu kekurangan 3
tingkat/level
|
Dengan demikian maka nilai GAP dari aspek
akademik seperti pada tabel bobot berikut:
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
1.
|
Vini
|
1
|
1
|
0
|
0
|
-1
|
0
|
0
|
2.
|
Vidi
|
1
|
1
|
1
|
-1
|
0
|
2
|
1
|
3.
|
Vici
|
0
|
0
|
1
|
0
|
-1
|
-1
|
2
|
Setelah dikonversikan berdasarkan tabel bobot
maka akan tampak seperti berikut:
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
1.
|
Vini
|
4
|
4
|
3.5
|
3.5
|
3
|
3.5
|
3.5
|
2.
|
Vidi
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3.5
|
4.5
|
4
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
3.5
|
4
|
3.5
|
3
|
3
|
4.5
|
Demikian juga untuk nilai GAP dari aspek
ekonomi keluarga akan tampak seperti tabel berikut:
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
|
Vini
|
3.5
|
4
|
4.5
|
4
|
2.
|
Vidi
|
4
|
3.5
|
3.5
|
4
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
4
|
4.5
|
4
|
Perhitungan
dan pengelompokan Core dan Secondary Factor
Langkah selanjutnya
adalah menghitung Core dan Secondary Factor masing-masing aspek berdasarkan
rumus berikut:
§ Aspek nilai akademik
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
CF
|
SF
|
1.
|
Vini
|
4
|
4
|
3.5
|
3.5
|
3
|
3.5
|
3.5
|
3.5
|
3.6
|
2.
|
Vidi
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3.5
|
4.5
|
4
|
3.625
|
4.16
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
3.5
|
4
|
3.5
|
3
|
3
|
4.5
|
3.5
|
3.6
|
§ Aspek status ekonomi
No
|
Nama Siswa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
CF
|
SF
|
1.
|
Vini
|
4
|
4
|
3.5
|
3.5
|
3.75
|
3.75
|
2.
|
Vidi
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3.5
|
4
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
3.5
|
4
|
3.5
|
3.5
|
3.75
|
Penghitungan
Nilai Total
§ Aspek Nilai Akademik
N1 = (60% x NCF) + (40%
x NSF)
No
|
Nama Siswa
|
CF
|
SF
|
N1
|
1.
|
Vini
|
3.5
|
3.6
|
3.54
|
2.
|
Vidi
|
3.625
|
4.16
|
3.839
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
3.6
|
3.54
|
§ Aspek Status Ekonomi
N2 = (60% x NCF) + (40%
x NSF)
No
|
Nama Siswa
|
CF
|
SF
|
N2
|
1.
|
Vini
|
3.75
|
3.75
|
3.75
|
2.
|
Vidi
|
3.5
|
4
|
3.7
|
3.
|
Vici
|
3.5
|
3.75
|
3.6
|
Perhitungan
Penentuan Ranking
Langkah terakhir yang
dilakukan adalah menghitung untuk menentukan ranking yang diperoleh oleh para
siswa dengan menggunakan rumus:
Ranking = (60% x N1) +
(40% x N2)
No
|
Nama Siswa
|
N1
|
N2
|
Hasil Akhir
|
1.
|
Vini
|
3.54
|
3.75
|
3.624
|
2.
|
Vidi
|
3.839
|
3.7
|
3.7834
|
3.
|
Vici
|
3.54
|
3.6
|
3.564
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar